SAMBUTAN

Selamat datang di sekilas informasi tentang PKBM (pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Kab.Temanggung

Forum Komunikasi PKBM Temanggung


Halaman ini mengulas tentang kegiatan dan informasi seputar PKBM diwilayah Kab.Temanggung dan lingkup dunia Pendidikan pada umumnya.Hal ini kami maksudkan sebagai media komunikasi bagi sivitas Pendidikan Non Formal, terutama pengelola PKBM, TLD, FDI, Pamong Belajar, Mahasiswa PLS, Penilik dan siapapun anda yang peduli pengembangan Sumber daya manusia di Indonesia

Kamis, 20 Mei 2010

PKBM Butuh Akses Internet




Ternyata, Sebagian besar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Temanggung belum mendapatkan layanan akses Internet bahkan untuk fasilitas perangkat computer sekalipun 90 % PKBM kecamatan-kecamatan di kabupaten Temanggung belum ada fasilitas tersebut,selama ini pengelola PKBM dalam oprasionalnya masih menggunakan fasilitas pribadi masing-masing dan hanya dapat meminjam beberapa fasilitas penunjang dari UPT.Dinas Pendidikan di Kecamatan masing-masing itupun dengan catatan tidak mengganggu kegiatan di UPT tersebut. Padahal internet dan perangkat komputer sangat dibutuhkan oleh Pengelola PKBM, baik itu untuk penunjang kinerja, mencari informasi melainkan juga sebagai metode pembelajaran terpadu bagi siswa didik. Hal tersebut kiranya perlu diperhatikan karena pembelajaran saat ini perkembangannya sangat cepat, masyarakat yang menjadi warga didik juga memerlukan fasilitas tersebut sebagai penunjang agar warga belajar bisa melek tekhnologi dikarenakan kegiatan pembelajaran untuk saat ini tidak hanya terbatas pada kegiatan pembelajaran tatap muka.
Dengan fasilitas computer dan layanan akses internet tersebut kami optimis akan membentuk Kwalitas dan karakter SDM binaan dari Pendidikan Non Formal menjadi lebih baik dan seimbang dengan pendidikan formal.
Selama ini pemerintah lebih memperhatikan pendidikan formal dengan memberikan bantuan-bantuan salah satunya adalah bantuan computer dan layanan akses internet, tapi lain halnya dengan kegiatan Pendidikan Non Formal, Sepertinya pemerintah kurang memperhatikan. Padahal pendidikan Non Formal tidak kalah pentingnya dalam menyukseskan program pendidikan. Apalagi target PNF yang cukup variatif seharusnya lebih di perhatikan karena PNF meliputi (PAUD,Kesetaraan,Keaksaraan,Life Skill, KBU, Desa Vokasi, dll) apakah hal ini berimbang?? sedangkan tuntutan yang tinggi untuk menyukseskan program Pendidikan PNF. Ditambah lagi Program pendidikan yang cukup banyak dan variatif akan tetapi fasilitas dan instrument penunjang sangat amat minim dan mengenaskan.
Sudah saatnya pemerintah memperhatikan PNF (Pendidikan Non Formal) ………
.

1 komentar:

  1. pengelola PKBM udah siap akan kemampuan dan tekhnologi tp.............tidak bisa di aplikasikan karena tidak adanya fasilitas

    BalasHapus